SUMBER-SUMBER KERUSAKAN PADA SISTEM
KELISTRIKAN
Permasalahan
|
Kemungkinan penyebab
|
Solusi
( jalan keluar )
|
Terdapat
selbung putih pada baterai ( sulfasi )
|
1.kapasitas
cairan yg menurun telah bereaksi dan berat jenisnya ( BJ ) rendah atau tinggi
|
1.isi cairan baterai sampai batas yg ditentukan dan sesuaikan BJ-nya.
|
2.kapasitas pengisian yg terlalu tinggi atau rendah (bila baterai tidak
terpakai maka harus di-charge (disetrum) minmal sebulan sekali untuk
menghindari sulfasi )
|
2.ganti (bila perlu )
|
|
3. baterai tersimpan lama di tempat yg dingin
|
3.ganti bila sudah terlalu usang
|
|
Kapasitas baterai cepat sekali menurun
|
1.sistem/cara
pengisian tidak benar
|
1.periksa
rangkaian system pengisian , stator, regulator/rectifier. Lakukan penyetelan
system pengisian (bila perlu)
|
2.plat-plat
sel baterai sudah tidak aktif (bagus) karena kelebihan pengisian (overcharging)
|
2.ganti
baterai dan perbaiki system pengisian
|
|
3.terjadi
konslet karena banyaknya endapan yg disebabkan oleh BJ cairan yg terlalu
tinggi
|
3.ganti baterai
|
|
4.Bj elektrolit yg terlalu rendah
|
4.setrum baterai dan sesuaikan BJ-nya
|
|
5. telah terjadi reaksi pada elektrolit baterai
|
5.ganti elektrolit lalu lakukan penyetruman dan sesuaikan BJ-nya
|
|
6. baterai sudah terlalu lama
|
6.ganti baterai
|
|
Daya kerja
baterai kurang bagus
|
1.terminal
baterai kotor
|
1.bersihkan
|
2.cairan elektrolit tidak murni atau BJ-ny terlalu tinggi
|
2.ganti elektrolit baterai lalu lakukan penyetruman baterai dan sesuaikan
BJ-nya
|
|
Tombol starter tidak berfungsi
|
1.baterai lemah
|
1.perbaiki atau ganti
|
2.Saklar (tombol) rusak
|
2.ganti
|
|
3.karbon brush (karbo sikat) habis
|
3.ganti
|
|
4.starter relay (selenoid) rusak
|
4.perbaiki atau ganti
|
Pengisian tidak stabil
|
1.rangkaian
kabel sistem pengisian ada yg longgar atau konslet
|
1.perbaiki atau
ganti
|
2.bagian
dalam generator konslet
|
2.ganti
|
|
3.regulator/rectifier
rusak
|
3.ganti
|
|
Pengisian
berlebihan
|
1.rangkaian
dalam baterai ada yg konslet
|
1.ganti
|
2.hubungan
massa regulator kurang bagus/kendor
|
2.bersihkan
dan perbaiki hubungan massa
|
|
3.resistor
dalam regulator rusak
|
3.ganti
|
|
Pengisian
di bawah spesifikasi
|
1.kabel
tidak terwat atau rangkaian terbuka atau sambungan terminal lepas
|
1.perbaiki atau ganti bila perlu
|
2.kumpaan
stator dalam generator konslet
|
2.ganti
|
|
3.regulator
rusak
|
3.ganti
|
|
4.plat-plat sel baterai rusak atau elektrolitnya kurang
|
4.perbaiki atau tambah elektrolitnya jika hanya kurang elektrolitnya
|
|
Bunga api busi lemah atau tidak ada
|
1.CDI atau ignition coil rusak
|
1.ganti
|
2.pick up coil rusak
|
2.ganti
|
|
3.busi rusak
|
3.ganti
|
|
4.sambungan
kabel sistem pengapian longgar
|
4.perbaiki sambungan
|
|
5.magnet
rusak (khususnya motor 2 langkah)
|
5.ganti
|
|
Busi cepat mati karena tertutup arang
|
1.campuran
sistem bahan bakar dan udara terlalu gemuk
|
1.perbaiki
atau stel karburator
|
2.penyetelanputaran
idle terlalu tinggi
|
2.perbaiki
atau stel karburator
|
|
3.saringan
udara kotor/tersumbat
|
3.bersihkan atau ganti bila perlu
|
|
4.menggunakan
jenis busi yg terlalu dingin
|
4.gnati
dengan jenis yg lebih panas
|
|
5.mutu
bensin jelek
|
5.ganti
|
|
Busi terlalu panas atau hangus
|
1.jenis busi terlalu panas
|
1.ganti
dengan jenis busi dingin
|
2.busi
kendor
|
2.perbaiki
|
|
3.campuran
system udara dan bahan bakar terlalu miskin
|
3.perbaiki
atau stel karburator
|
|
4.mesin
terlalu panas
|
4.periksa
atau stel kembali
|
|
Busi cepat
mati
|
1.piston
atau silinder aus
|
1.ganti/oversize
|
2.ring
piston aus
|
2.ganti
|
|
3.kerenggangan
bos klep (valve guide) dan tangkai klep (valve sistem) sudah aus (terlalu
longgar)
|
3.ganti
|
|
4.sil
oli(oil seal) valve system rusak/aus
|
4.ganti
|
No comments:
Post a Comment