Saturday, September 7, 2013

SUMBER-SUMBER KERUSAKAN PADA SISTEM KELISTRIKAN

Permasalahan
Kemungkinan penyebab
Solusi
( jalan keluar )
Terdapat selbung putih pada baterai ( sulfasi )
1.kapasitas cairan yg menurun telah bereaksi dan berat jenisnya ( BJ ) rendah atau tinggi
1.isi cairan baterai sampai batas yg ditentukan dan sesuaikan BJ-nya.
2.kapasitas pengisian yg terlalu tinggi atau rendah (bila baterai tidak terpakai maka harus di-charge (disetrum) minmal sebulan sekali untuk menghindari sulfasi )
2.ganti (bila perlu )
3. baterai tersimpan lama di tempat yg dingin
3.ganti bila sudah terlalu usang
Kapasitas baterai cepat sekali menurun
1.sistem/cara pengisian tidak benar
1.periksa rangkaian system pengisian , stator, regulator/rectifier. Lakukan penyetelan system pengisian (bila perlu)
2.plat-plat sel baterai sudah tidak aktif (bagus) karena kelebihan pengisian (overcharging)
2.ganti baterai dan perbaiki system pengisian
3.terjadi konslet karena banyaknya endapan yg disebabkan oleh BJ cairan yg terlalu tinggi
3.ganti baterai
4.Bj elektrolit yg terlalu rendah
4.setrum baterai dan sesuaikan BJ-nya
5. telah terjadi reaksi pada elektrolit baterai
5.ganti elektrolit lalu lakukan penyetruman dan sesuaikan BJ-nya
6. baterai sudah terlalu lama
6.ganti baterai
Daya kerja baterai kurang bagus
1.terminal baterai kotor
1.bersihkan
2.cairan elektrolit tidak murni atau BJ-ny terlalu tinggi
2.ganti elektrolit baterai lalu lakukan penyetruman baterai dan sesuaikan BJ-nya
Tombol starter tidak berfungsi
1.baterai lemah
1.perbaiki atau ganti
2.Saklar (tombol) rusak
2.ganti
3.karbon brush (karbo sikat) habis
3.ganti
4.starter relay (selenoid) rusak
4.perbaiki atau ganti

Pengisian tidak stabil
1.rangkaian kabel sistem pengisian ada yg longgar atau konslet
1.perbaiki atau ganti
2.bagian dalam generator konslet
2.ganti
3.regulator/rectifier rusak
3.ganti
Pengisian berlebihan
1.rangkaian dalam baterai ada yg konslet
1.ganti
2.hubungan massa regulator kurang bagus/kendor
2.bersihkan dan perbaiki hubungan massa
3.resistor dalam regulator rusak
3.ganti
Pengisian di bawah spesifikasi
1.kabel tidak terwat atau rangkaian terbuka atau sambungan terminal lepas
1.perbaiki atau ganti bila perlu
2.kumpaan stator dalam generator konslet
2.ganti
3.regulator rusak
3.ganti
4.plat-plat sel baterai rusak atau elektrolitnya kurang
4.perbaiki atau tambah elektrolitnya jika hanya kurang elektrolitnya
Bunga api busi lemah atau tidak ada
1.CDI atau ignition coil rusak
1.ganti
2.pick up coil rusak
2.ganti
3.busi rusak
3.ganti
4.sambungan kabel sistem pengapian longgar
4.perbaiki sambungan
5.magnet rusak (khususnya motor 2 langkah)
5.ganti
Busi cepat mati karena tertutup arang
1.campuran sistem bahan bakar dan udara terlalu gemuk
1.perbaiki atau stel karburator
2.penyetelanputaran idle terlalu tinggi
2.perbaiki atau stel karburator
3.saringan udara kotor/tersumbat
3.bersihkan atau ganti bila perlu
4.menggunakan jenis busi yg terlalu dingin
4.gnati dengan jenis yg lebih panas
5.mutu bensin jelek
5.ganti
Busi terlalu panas atau hangus
1.jenis busi terlalu panas
1.ganti dengan jenis busi dingin
2.busi kendor
2.perbaiki
3.campuran system udara dan bahan bakar terlalu miskin
3.perbaiki atau stel karburator
4.mesin terlalu panas
4.periksa atau stel kembali
Busi cepat mati
1.piston atau silinder aus
1.ganti/oversize
2.ring piston aus
2.ganti
3.kerenggangan bos klep (valve guide) dan tangkai klep (valve sistem) sudah aus (terlalu longgar)
3.ganti
4.sil oli(oil seal) valve system rusak/aus
4.ganti


No comments:

Post a Comment

Read more: http://blog-jummiramadanil.blogspot.com/2013/05/cara-membuat-tombol-next-page-dengan.html#ixzz2eqpgZoXa